Psikologi Suami Istri #1

Ringkasan dari WAG Komunitas Keluarga Muslim


 📚📚📚📚📚📚📚📚📚


*Review Buku: _Psikologi Suami-Istri_ karya Dr.Thariq Kamal An Nua'im*


_Bagian 1_


Salah satu penyebab konflik dalam rumah tangga yang harus diperhatikan adalah terkait komunikasi antara suami dan istri. Terlebih lagi terdapat perbedaan cara berpikir antara keduanya yang jika tidak dipahami bersama, komunikasi akan semakin sulit, hingga akhirnya menyebabkan munculnya berbagai konflik tanpa solusi yang berarti. 


Di dalam buku ini, perbedaan antara suami dan istri, dalam artian antara laki-laki dan perempuan, dibahas dengan detail dan menarik. Dimulai dari perbedaan psikologis antara laki-laki dan perempuan secara umum, perbedaan cara bicara antara keduanya, kondisi kejiwaan yang berbeda, perkara kehidupan seksual, berbagai kemungkinan perdebatan yang muncul, sampai dengan cara memelihara cinta dalam rumah tangga. 


Penulis buku ini mengatakan (dan saya sepakat dengannya), bahwa *biasanya kita marah karena adanya tindakan yang muncul dari pasangan yang tidak sesuai dengan respon kita. Kita mengharapkan mereka mencintai sebagaimana kita mencintainya, merasakan seperti yang kita rasakan, dan bersikap seperti yang kita lakukan.*


Kita semua lupa bahwa terdapat perbedaan mendasar antara laki-laki dan perempuan yang merupakan pembawaan. Seorang laki-laki tidak bisa berfikir dan menyikapi suatu peristiwa seperti yang dilakukan oleh perempuan. Demikian juga perempuan tidak bisa berfikir dan menyikapi suatu peristiwa seperti laki-laki. Akibat kelalaian tersebut, hubungan kita menjadi tegang dan diwarnai dengan pertengkaran, kebencian disebabkan oleh permasalahan-permasalahan sepele. 


Ada beberapa poin menarik yang akan saya tuliskan di bawah ini. Menarik bagi saya karena ternyata apa yang dipaparkan oleh penulis nyatanya sering terjadi dalam kehidupan rumah tangga. Diharapkan dengan mengetahui berbagai perbedaan mendasar antara kita dengan pasangan, kita bisa mengambil pelajaran agar dapat memahami pasangan lebih dalam lagi, sehingga komunikasi akan semakin baik, lebih kompak, dan lebih samawa, insya Allah. 


🔹 *Dunia Luar Laki-laki dan Perempuan*


👳🏻: Kehidupan laki-laki di luar dan interaksinya dengan sesuatu yang ada di sekitarnya dan kejadian-kejadian baru *dicirikan dengan pergulatan dan perlombaan*. Sesuai dengan tabiatnya, laki-laki senang pada tempat yang tinggi. Puncak berarti kesuksesan dan dasar berarti kegagalan. Terlihat juga bahwa *ia akan berusaha mewujudkan kesuksesan tersebut secara mandiri*, karena dengan mencari bantuan berarti ia lemah.

 

🧕🏻: Dunia luar perempuan adalah *dunia penuh kedamaian dan cinta*. Dunia yang penuh kasih sayang dan saling menolong. Dengan cara tersebut perempuan *berusaha untuk saling dekat antara satu dengan lainnya.* Perempuan berusaha berinteraksi dengan perempuan-perempuan lain dengan pijakan untuk saling membantu, menguatkan hubungan, dan berusaha agar terjadi kesamaan pandangan. 


🔹 *Cara Berpikir*


👳🏻‍♂️: Cara berpikir laki-laki memiliki sifat dengan mengaitkan satu hal dengan hal lainnya dalam bentuk lingkaran yang saling berkaitan, kemudian dengan cara bertahap ia akan membuat gambaran yang jelas pada objek tertentu *(konsentratif/pemusatan)*.


🧕🏻: Cara berpikir perempuan adalah *ekspansif (meluas)*. Ia selalu memandang dari sisi hubungan, oleh karena itu perempuan lebih banyak memberikan perhatian pada sisi cinta, hubungan dengan orang lain, berbincang-bincang panjang-lebar, berorganisasi, saling menolong, dan intuitif. 


🔹 *Makna Istirahat*


👳🏻‍♂️: Istirahat bagi laki-laki adalah *tidak ada pembicaraan*, atau sekurang-kurangnya memiliki hak untuk tidak bicara.

 

🧕🏻: Adapun bagi perempuan, istirahat artinya bisa *berbicara dengan bebas* tanpa ada ketakutan. Itulah kenapa perempuan terlihat banyak bicara pada halal yang penting maupun tidak penting. 


Coba bayangkan, suami yang ketika pulang ke rumah setelah bekerja ingin istirahat dengan diam, namun sebaliknya, sang istri menganggap bahwa waktu istirahat adalah saatnya untuk mengobrol banyak hal.


🔹 *Makna Memahami*


👳🏻‍♂️: Laki-laki selalu melihat sesuatu dengan penilaian "benar atau salah". Maka ketika istrinya bercerita, biasanya suami akan *langsung memberikan nasihat dan solusi*. Dan bagi suami, cara seperti itu adalah yang paling tepat.


🧕🏻: Yang sebenarnya diinginkan perempuan adalah laki-laki yang dicintainya *mau mendengarkan dan ikut merasakan apa yang dia rasakan, tidak langsung memberikan nasihat atau solusi.* 


‼️ *Kesalahan yang sering terjadi:* ‼️

1. Ketika perempuan merasa sedih dan mengadukan kesedihan dan permasalahannya, laki-laki justru "menolong" dengan caranya sendiri, yaitu mengajukan solusi, hikmah, dan nasihat. 

2. Ketika laki-laki melakukan kesalahan atau menghadapi suatu masalah, perempuan justru ingin mengusahakan perbaikan atas tindakan laki-laki dengan cara memberikan nasihat atau kritikan. Sementara bagi laki-laki, nasihat dan kritikan yang tidak tepat waktunya akan membuatnya marah. 


*_Bila kita mau memperhatikan perbedaan fitrah antara laki-laki dan perempuan, maka hal tersebut akan menolong kita untuk menerima dan menghormati perasaan satu sama lain. Bila pihak lain menolak perkataan kita dan merasa jengkel atau kesal, maka pasti telah terjadi suatu kesalahan. Baik itu karena cara berbicaranya atau waktunya yang tidak tepat._*


🔹 *Ketika Membicarakan Suatu Permasalahan*


👳🏻‍♂️: Secara umum, bila seorang laki-laki sedang membicarakan suatu permasalahan, sebelum membuka mulut dan berbicara satu kata pun, ia akan memasukkan masalah ke dalam otaknya, dan *memikirkannya secara mendalam dengan cara diam.* Maksudnya, ia akan berfikir dengan cara diam dan setelah sampai pada hasil kesimpulan atau suatu pemecahan, maka ia baru mulai mengatakannya.

 

🧕🏻: Adapun perempuan, dari pembicaraannya tidaklah mengindikasikan bahwa ia ingin menjelaskan atau mendiskusikan suatu titik permasalahan. Ketika ia berbicara sebenarnya ia masih berusaha mendalami pemikiran dengan cara berbicara yang bisa didengar. Dengan kata lain, *berpikir sambil berbicara.*



_Bersambung..._


0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger