Nggak Bakat Hafalan

 



Waktu itu kelas 1 SD sy kesulitan sekali menghafal Surat Al Falaq. Itu tu sampai nangis. Kalau teman saya 10 menit bisa hafal mungkin sy seminggu. Jadi sy tu sejak kecil kalau disuruh menghafal tu dah pusing duluan. Apapun itu ya... Ternyata, bapak sy demikian. 


Sy pernah nanya ke Bapak saya, Pak kok tetep semangat sih hafalan Al Baqoroh. Padahal nggak hafal hafal. Ibuk yg sudah hafal masih sabar aja benerin walaupun kadang bosen juga.


Ada kata kata yg nggak pernah saya lupa.


"Tahu nggak, orang yg susah hafal kayak kita tu beruntung banget."


Bapak sy paham banget dengan sy yg kesulitan menghafal juga. Bukan merendahkan orang yg susah hafal Al Qur'an dengan kata kata merendahkan justru memotivasi. 


"Orang yg sudah hafal 30 juz belum tentu masih berproses. Bisa jadi dia selesai menghafal. Kalau kita beruntung, karena susah hafal, jadi tiap hari berproses terus. Yang lain murojaah 3x selesai, kita mungkin 30x. Tahu nggak pahalanya berapa banyak? Allah kan nilai per huruf, kan?"


Sejak saat itu bapak saya les saya mengaji yg tartil dan ada beberapa pakai nada. Karena bapak sy guru ngaji, sy kadang pengen banget kayak muridnya yg hafalannya banyak gitu. Tapi ya otak sy beda. 😂 Gimana dong? Tapi berkat kata kata bapak saya waktu kecil, sy tetao menikmati proses ini.


Ternyata hal yg sama terjadi di anak saya. 😂 Dan ternyata ada beberapa yg DM gimana kalau anak kita nggak bakat menghafal? Di sekolahnya juz 30 aja nggak selesai selesai. Padahal usaha anak kita sudah maksimal. 


Sekarang Ala masih santai menikmati. Jika Ala tanya ke sy suatu hari nanti, barangkali sy akan menjawab hal yg sama. "Allah sayang banget sama Ala. Makanya, Allah pengen banget lihat Ala sering sering murojaah."





0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger