Kuliah Pra Nikah, Penting kah?

 

Penting. 

Kok jaman dulu nggak ada kuliah pra nikah tapi lebih awet kok. Laaah, jaman dulu wejangan orang orang tua itu, barangkali nglebihin kuliah pra nikah, ya? Perempuan harus bisa gini gitu buanyak lah... Sedangkan jaman sekarang, masih ada... tapi sudah berkurang banyak. Kalau di KUA sebetulnya ada lho, tapi banyak yg nggak datang. Padahal penting. Di agama lain setahu sy ada dan lebih lama.

Saya pikir pikir lama juga sebetulnya, kok bisa ini, bisa itu, dulu sebelum nikah tu gimana ya? Jadi dulu sy ikut kuliah pra nikah. Sy ngajak suami sy. Waktu itu masih calon. Sebetulnya yg ke sana tu single single yg mau ta'aruf. 😂 Tapi pas sesi bikin proposal. Ahirnya ketahuan deh. Ya kali mau ta'arufan. 

Ada 13 kelas. Materinya tentang hak dan kewajiban, visi misi keluarga, tentang paikologi suami istri, manajemen konflik, kesehatan, pendidikan seks, tentang pendidikan anak, perrncanaan ekonomi rumah tangga, gizi keluarga, yg perempuan bahkan ada kelas memasak sederhana. Jujur aja waktu itu semua masih awang awang. Tapi ternyata membantu sekali ketika proses pernikahan. Saya dan suami itu langsung LDR. 3 hari setelah menikah suami langsung ke luar kota. Sy kerja di Jogja. Rawan sekali berselisih. Perdebatan kecil ada, tp nggak besar.

Buat teman teman yg belum menikah, sy sarankan ikut, deh. Jadi bapak ibuk sy kan kerja di KUA, ada yg cerai gara gara rebutan remot tv, dll. Ya mungkin aslinya lebih besar sih ya. Tapi nggak mau diceritan. Angka perceraian sangat tinggi. Nggak mau pacarah sangat saya dukung. Taarufan sangat bagus. Bukan karena tidak saling mengenal sih. Sy nggak setuju kalau taaruf bikin cerai. Setau saya taaruf yg bener juga nggak semudah Ayat Ayat Cinta gitu. Ada ustadz yg menghubungkan dan nggak asal cap cip cup 😫. Setahu sy juga, teman teman sy yg taaruf nikahnya awet awet tu... Malah sy belum ada yg cerai. Jangan sampai lah ya... 

Semoga Allah mudahkan keluarga kita dalam menghadapi masalah keluarga ♥️♥️.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger