4 Tips Terhindar COVID19 buat Ibu Rumah Tangga Selama Pandemi

Masa pandemi ini, bikin kita nih kaum ibu-ibu jadi beradaptasi lagi untuk menjaga kesehatan keluarga. Gaya hidup kita diubah, keuangan juga menyesuaikan, dan aturan di rumah pun harus lebih ketat. Kalau lihat di video video yang sakit COVID-19 ini, dahaknya mengental lalu kesulitan bernapas. Semoga kita dihindari penyakit ini, ya....

Sebagai ibu rumah tangga, kita punya kendali penuh untuk membuat aturan di rumah. Apalagi kalau suami WFH dan anak SFH. Dengan jurus omelan kita, kita bisa banget tu mengatur segala sesuatunya di rumah ataupun ketika di luar rumah. Mereka biasanya akan iya iya aja, kan? 

Nah, selama kurang lebih empat bulan ini, saya menerapkan empat tips untuk ibu rumah tangga sebagai usaha agar COVID nggak nempel ke kita.

1. Menyiapkan Alat Pelindung Diri di Rumah dan di dalam Tas Jika Bepergian.

Ketika di rumah kita bisa menyiapkan sabun ataupun di luar rumah, agar ketika masuk anggota keluarga tangannya bersih. Jaga kebersihan rumah dengan mengepel lantai dengan cairan sabun. Jadi jangan air aja ya... 

Ketika keluar rumah, siapkan masker, hand sanitizer/ tissue basah antiseptik/ sabun kertas jika memungkinkan ada air, air putih sendiri, jika perlu makanan sendiri, corona finger agar bisa memencet atm atau menarik pintu bukan dengan tangan kita langsung, untuk anak anak bisa pake face shield jika mereka tidak mau pakai masker, dan dua tas. Satu tas bersih, satu lagi tas kotor. Jangan lupa masker cadangan juga, ya... 

Kalau punya balita, minimalkan ya, keluar rumahnya. Ada banyak permainan yang bisa kita buat sendiri di rumah, lho.

2. Menjaga Kesehatan Keluarga dengan Makanan Bergizi, Kegiatan yang Kita Suka, dan Olahraga.

Jaga kondisi tubuh keluarga dengan makan makanan yang bergizi dan jadwalkan berolahraga. Nonton youtube sama drama korea boleh, ya.... Tapi, jangan lupa banyak bergerak agar penyakit jauh dari kita. 

Boleh banget kalau mau masak sendiri dengan keluarga karena bahan yang kita gunakan pasti bersih dan terolah dengan baik.

Mental kita, juga harus dijaga, ya. Lakukan kegiatan yang menyenangkan di rumah seperti, berkebun dari yang simpel simpel, iseng iseng jualan online, bikin kompilasi video, atau apapun deh yang kita suka dan bermanfaat.

3. Install Aplikasi Kegiatan Sehari-hari untuk Menimalisasi Kegiatan di Luar Rumah.

Sekarang mau ngapa-ngapain sudah ada aplikasinya, kan? Bahkan beberapa perusahaan memberikan diskon lebih selama pandemi ini. Ada aplikasi untuk kendaraan, mencari barang, kirim paket, online shop, beli sayur dan buah, bahkan kesehatan.

Salah stau aplikasi kesehatan adalah aplikasi Halodoc. Di aplikasi ini, kita bisa konsultasi dengan dokter, mencari klinik terdekat, bahkan bisa reservasi dengan rumah sakit. Masih ada yang ingat kan, ada yang tertular COVID di rumah sakit. Kadang, kitra harus antri banyak, padahal mau imunisasi anak. Yang ada malah khawatir. Tapi, kalau nggak ke rumah sakit atau klinik, ketinggalan imuninasi malah akan menambah masalah lain, kan? Untunglah ada aplikasi ini. Caranya juga mudah, kok.

Wah, tiba tiba kok nggak enak badan, ya. Misal kita masih ragu dengan penyakitanya, kita bisa tanya-tanya dulu dengan dokternya. Bisa milih lho dokter yang mana. Kalau malu dengan yang lawan jenis, bisa pilih yang sesama jenis juga.




Dengan halodoc, kita bisa konsultasi lalu beli obat juga bisa, lho. Jadi, untuk obat-obat harian, kita bisa beli langsung lewat web atau aplikasi. Tersedia juga vitamin harian. Wah, lengkap banget, ya!



Apalagi kalau kita sudah punya copy resepnya. Jadi, tidak perlu bolak balik rumah sakit. Yang ke rumah sakit pun tidak perlu berlama-lama ke rumah sakit jika obatnya harus diproses lama. Nanti ada layanan antar juga. Yang masih ragu dan bingung tata caranya, bisa lihat di webnya dulu https://www.halodoc.com/.


Untuk teman-teman yang ada di Bekasi, salah satu klinik yang bekerjasama dengan Halodoc adalah Klinik BIC VIDA Bekasi. di web tersebut di terangkan secara umum tentang klinik BIC VIDA Bekasi, lalu poliklinik yang bisa daftar, dan juga ada petanya, lho. Jadi kita bisa memperkirakan kapan berangkat agar pas dengan antrian kita. Jangan lupa, reservasi dari rumah dengan sangat mudah.



4. Banyak Berbuat Baik, Berdoa, Beribadah, dan Bersedekah,

Seharusnya ini nomor satu ya. Hahaha. Nggak papa. Supaya terkenang kita taruh di pamungkas. Tentu saja setelah ikhtiar, kita harus bertawakal. Mulai banyak berbuat baik, berdoa kepada Allah agar dihindarkan dari COVID19, beribadah yang rajin, dan jangan lupa bersedekah. Sesulit apapun keadaan kita, kita tetap harus bersedekah. Sedekah nggak harus uang, lho. Mulai yang tersimpel bisa dengan senyuman, posting artikel yang berguna, menghibur teman dan masyarakat dengan tidak menyebar hoax plus ketakutan ketakutan, dan kegiatan kreatif lainnya yang bisa bermanfaat untuk sesama serta lingkungan.

Yuk, kita perangi COVID19 sama-sama :)

Salam,

Liya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger