Komunikasi Produktif #6 Fokus pada Solusi


Assalamu'alaikum. Selamat Senin Ceria! Bagaimana memulai aktivitas hari ini? Bahagia, kah? Hahaha. Saya agak-agak sendu, sih. agak bete tadi pagi. Alhamdulillah semua dapat teratasi.Alhamdulillah.... 

Oke, kita akan ke materi ke 6 Komunikasi Produktif kepada Anak. Oh iya, saya selama materi ini malah belum memperkenalkan anak saya yang saya ajak jadi partner, ya... Namanya Sa'dayka Alsala. Mboknya sukanya panggil Sa'dayka, tapi anaknya sukanya dipanggil Alsala. Yang gampang katanya. Hehehe. Jadi saya suka masih kecampur-campur. Usianya bulan November ini 23 bulan. Dia sudah lumayan lancar bicara jadi lumayan mudah diajak komunikasi, sih. Kenapa ada anak kecil lain? Itu tantenya. Namanya Haqqya. Dia adek bungsu saya usia 9 tahun. Dia sering bantuin saya momong. Makanya, anak saya lebih nurut ke dia daripada saya. (emot sad. Nggak ding).

Kenapa aktivitasnya menggambar terus? Karena anak saya mau diem dan mudah direkam kalau pas gambar. Kalau lainnya dia bisa buyar kalau lihat Hp. Hahahaha. Itu saja juga susyah! Kadang yang mau dishoot apa, eh yang masuk apa. 

Oh, iya. Bagi yang baru saja mengikuti, bisa baca dulu dari materi awal, ya....


Nah, materi sekarag adalah jika ada kesalahan pada anak adalah fokus pada solusi, Bukan pada kesalahan dia. Tujuannya agar dia lebih ingat solusinya daripada masalahnya.

Sa'dayka suka banget warna Black. Jadi, kalau mau nggambar pasti dia cari Black. giliran mau di shoot kok dia nggak cari, ya.... Hehehe. Tahu aja. Akhirnya ibunya yang mancing-mancing. Dan dia sama tantenya dengan santainya jawab "Ilang". Mungkin, ya.. Karena tiap hari ilang jadi dia udah males nyari.... Biasanya saya juga bilang gini

"Lha gimana Sa'dayka tadi naruh mana? Kok bisa ilang?" 

Padahal yang bener fokus pada solusi

"Besok lagi kalau naruh dikembalikan lagi yang rapi, ya...."

Saya nggak tahu ini sudah terlambat atau belum. Hahaha. Soalnya dia sudah pasrah bilang ilang. Wkwkwkwk. Yang penting si Ibu sudah menyadari kesalahannya dan mengubah cara komunikasi yang tidak menyalahkan anak, ya... Tapi lebih mengutamakan solusi, 

Kita lihat, ya... Di hari 11 setelah semuan dipraktekkan apkah ada perubahan pada Sa'dayka? Mau merapikan lagi atau tidak? Dan si Ibu apakah istiqomah untuk mengomel yang baik? Hasyah mengomel yang baik. Kita tunggu saja....

Sampai jumpa besok di materi komunikasi produktif ke 7 besok, ya... Insya Allah...

Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+