Komunikasi Produktif #10 Ganti kalimat yang Menolak/Mengalihkan perasaan dengan kalimat yang menunjukkan empati

Contoh dari materi :

Kalimat tidak produktif :

"Masa sih cuma jalan segitu aja capek?"


kalimat produktif :

“kakak capek ya? Apa yang paling membuatmu lelah dari perjalanan kita hari ini?”


Sumber Gambar : http://carabisabahasainggris.com/contoh-kalimat-mengejek-atau-menyindir-dalam-bahasa-inggris


-----------------

Assalamu'alaikum
Hari ini anak saya nggak bisa divideo karena dia udah bete jadi bahan video ibunya. Sekalian, deh saya praktek untuk komunikasi produktif.

"Alsala sebel ya sama ibu? Kenapa sebel"
"HP mana?" jawabnya.

Hahahaha. Dia memang sebel divideo gitu. Maunya pegang sendiri.

Waktu dia maunya digendong ke warung, saya juga mengubah kata-katanya. 

Biasanya, "Masa sudah besar masih digendong, sih?"

Saya ubah menjadi, "Alsala sudah besar, nih. Kenapa masih pengen gendong."

"Takut kuda."

Yang biasanya dia tidak menjawab akhirnya dia menjawab kalau dia takut kuda yang ada di jalan.

Wah, bagus ya materi yang ke-10 ini. Wow! Udah 10. Tinggal satu lagi dong materi besok. Bagi yang baru bergabung, bisa klik ke:

Komunikasi Produktif #1
Komunikasi Produktif #2
Komunikasi Produktif #3
Komunikasi Produktif #4 dan 5 
Komunikasi Produktif #6
Komunikasi Produktif #7
Komunikasi Produktif #8

Komunikasi Produktif #9

Selamat Praktek!


Sumber :


Materi Komunikasi Produktif Bunda Sayang /Tim Fasilitator Bunda Sayang #3/
gal

dari Sumber bacaan:

Albert Mehrabian, Silent Message : Implicit Communication of Emotions and attitudes, e book, paperback,2000


Dodik mariyanto, Padepokan Margosari : Komunikasi Pasangan, artikel, 2015


Institut Ibu Profesional, Bunda Sayang : Komunikasi Produktif, Gaza Media, 2014


Hasil wawancara dengan Septi Peni Wulandani tentang pola komunikasi di Padepokan Margosari

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+