Cara Mudik Tetap Asyik dengan Kereta Api



Menghabiskan waktu libur dengan berkunjung ke kampung halaman pada hari besar nasional atau dikenal dengan mudik sudah menjadi bagian dari rakyat Indonesia. Aktivitas ini biasa dilakukan setidaknya satu kali dalam setahun.

Baca juga : Cara Merencanakan Liburan



Beberapa moda transportasi seperti pesawat, kereta api, bus hingga kendaraan pribadi digunakan para pemudik untuk bisa sampai ke kampung halaman tujuan. Namun, dengan hadirnya beberapa akses jalan baru, kini masyarakat lebih memilih menggunakan bus atau kendaraan pribadi saat melakukan mudik.


Sayangnya mudik dengan dua transportasi massal tersebut bukanlah solusi. Pemudik seringkali harus merasakan kemacetan saat berada di ruas-ruas jalan tertentu.
Sementara kepadatan menjadi kendala, harga tiket moda transportasi lain seperti pesawat terbang juga telah dipatok dengan sangat tinggi. Dengan begitu, masyarakat seringkali merasa tidaknyaman saat melakukan mudik.


Baca juga : Pulang kampung

Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan transportasi massal pilihan lainnya seperti kereta api. Dengan menggunakan transportasi ini, Anda bisa menghemat waktu perjalanan tanpa harus merasakan padatnya jalan raya atau keluar banyakbiaya.

PT KAI (Kereta Api Indonesia) telah melakukan berbagai perombakan dalam sistem dan fasilitas. Itulah mengapa kereta api bisa menjadi solusi terbaik untuk menciptakan suasana mudik tetap berjalan baik.

Tiket kereta api juga sudah bisa dibeli dengan mudah dan cepat. Bahkan kini, Anda bisa membeli tiket tersebut di beberapa situs web penyedia tiket resmi tanpa harus mengantre terlalu lama di loket stasiun.
Kerjasama yang telah dilakukan PT KAI dengan beberapa distributor penyedia tiket daring seperti Traveloka, telah membuat proses pemesanan tiket lebih efisien. Reservasi tiket kereta api untuk mudik bisa dilakukan lewat aplikasi atau langsung mengunjungi situs web terkait.

Meskipun melakukan pembelian tidak langsung di stasiun kereta, Anda tetap akan mendapatkan harga yang sama dengan tiket kereta api yang dijual di loket resmi. Namun, Anda tentu akan mendapatkan harga yang sedikit lebih mahal saat melakukan pembelian tiket di musim mudik.

Selain itu, menaiki kereta saat musim mudik tiba tidaklah serupa dengan saat penggunaan kereta di hari-hari biasa. Anda akan merasakan suasana stasiun kereta yang lebih ramai dari biasanya di musim mudik.

Namun, Anda tidak perlu khawatir akan kondisi di dalam kereta. Kereta yang Anda gunakan tetap memiliki fasilitas dan kondisi yang layak untuk digunakan sekalipun dalam musim padat penumpang.

Meski begitu, Anda tetap perlu melakukan persiapan untuk tetap membuat perjalanan mudik kali ini tetap asyik dan menyenangkan. Selain persiapan fisik, beberapa persiapan berikut ini juga penting untuk dilakukan:

1.      Tiba lebih awal



TibaLebih di Stasiun - beritadaerah.co.id



Meskipun memilih kereta, bukan berarti Anda tidak perlu tiba lebih awal di stasiun. Tibalah lebih awal setidaknya satu jam sebelum keberangkatan guna menghindari risiko tertinggal kereta atau terjebak macet saat menuju stasiun. Anda bisa melakukan check in lebih cepat tanpa harus tergesa-gesa dan berdesak-desakan dengan pemudik lainnya.


2.      Memilih tempat duduk yang tepat





Tempat duduk yang Tepat - yukepo.com



Memilih tempat duduk sebenarnya bisa Anda lakukan saat memesan tiket. Untuk menciptakan rasa nyaman saat perjalanan, Anda bisa memilih beberapa area kursi yang sesuai dengan kebutuhan.  

Jika Anda ingin lebih tenang, jauhilah area bordes, gerbong kuliner, dan lokomotif. Ketiga area ini rentan didatangi banyak penumpang sehingga membuat tempat duduk di sekitar area ini cenderung berisik.

3.      Membawa camilan dan perlengkapan pendukung



Membawa camilan - mykidneybean.com



Perjalanan dengan kereta akan terasa membosankan jika Anda tidak membawa camilan atau makanan kesukaan. Dengan tersedianya hal ini akan sangat membantu Anda melupakan waktu perjalanan dan membuat Anda lebih menikmati suasana di kereta.


4.       Membawa perlengkapan tidur



Membawa perlengkapan tidur - perlengkapanbayikomplit.blogspot.co.id



Meskipun Anda melakukan perjalanan dengan kereta eksekutif yang nyaman, tak ada salahnya jika Anda tetap membawa perlengkapan tidur. Hal ini sangat berguna untuk menambah rasa nyaman saat tidur. Anda bisa membawa selimut kecil, sweter, bantal leher atau punggung untuk membuat waktu tidur di kereta lebih berkualitas.


Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan berbagai obat antimabuk dan antimual atau sekadar minyak angin untuk menciptakan rasa hangat. Jika Anda masih memerlukan tambahan selimut, jangan ragu untuk meminjamnya dari petugas kereta.

Baca juga : Membawa Anak Bepergian

5.       Membawa perlengkapan pendukung


Perlengkapanpakaian - .pewangilaundry.co.id



Tidak hanya camilan dan peralatan tidur, ada baiknya jika Anda juga turut membawa perlengkapan tambahan seperti majalah, buku, gawai, kartu permainan, dan sebagainya. Jika melakukan mudik seorang diri, benda-benda ini akan sangat membantu Anda mengatasi rasa bosan. 


Selain berinteraksi dengan benda, tidak ada salahnya jika Anda juga berkomunikasi dengan penumpang lainnya di sekitar Anda. Selain itu, melakukan sedikit peregangan dengan berjalan ke gerbong-gerbong kereta lainnya akan membantu otot-otot lebih relaks selama perjalanan.

Itulah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat perjalanan mudik Anda tetap asyik dengan kereta api. Selain melakukan hal tersebut, pastikan Anda juga menyimpan barang bawaan dengan baik untuk menghindari kehilangan barang saat perjalanan.










0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+