PRENAGEN PREGNANCY EDUCATIONAL JOURNEY (PPEJ) - Membuatku Mantab untuk Merencanakan Kehamilan Lagi!

Yeay! PPEJ (Prenagen Pregnancy Education Journey) ada lagi di Jogja! Sekitar dua tahun lalu, saya juga ikut PPEJ ini, nih. Dua tahun lalu PPEJ ini berhasil membuat saya berani hamil lagi karena hamil yang pertama saya keguguran terkena virus CMV. Percaya nggak percaya, pulang dari PPEJ 2015, saya hamil lagi. Pikiran saya menjadi sangat positif. Saya siap untuk menjadi ibu baru. Seperti biasanya, PPEJ tak hanya menyuguhkan seminar satu arah, tetapi juga berbagai ilmu tambahan sebagai bekal kita menjadi seorang ibu.

PRENAGEN PREGNANCY EDUCATIONAL JOURNEY (PPEJ) – Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil & Launch Pregnancy APPS 

Tahun ini, PPEJ membuat tema "Terbaik untuk yang Teristimewa" Temanya tentu saja berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Sayangnya, yang dua tahun sebelumnya tidak saya tulis. Nah, yang tahun ini saya tulis agar semuanya yang siap untuk hamil (lagi). Bagi yang nggak pengen hamil lagi ya gak papa, sih. Untuk pengetahuan buat anak, menantu, tetangga, atau siapa saja, deh :)



Bagaimana Kita Memberikan yang Terbaik untuk yang Teristimewa?

PPEJ Jogja, dimulai sejak pukul 7.30. Ibu-ibu sudah mengantri sejak pukul 7.00, lho. Hebat! Bertempat di Hotel Royal Ambarukmo, tanggal 7 Mei 2017, sebelum memulai seminar, kami disuguhi beragam booth untuk bekal kami mempersiapkan kehamilan, menjaga selama kehamilan, dan bekal ketika menjadi ibu baru. Walaupun saya sudah punya anak satu, booth ini tetap bermanfaat, karena banyak ilmu baru di sini.




Pertama, booth mengukur tensi dan berat badan. Nah, ini penting sekali untuk ibu hamil. Setiap bulannya harus ditimbang apakah kurang atau justru kelebihan. Tensi juga harus diukur. Jangan sampai ketinggian karena bisa menyebabkan preeclamsia.

Kedua, booth dari Kalbe Nutritional. Kita bisa konsultasi mengenai produk kalbe dan juga download aplikasi yang bermanfaat sekali untuk ibu hamil yaitu Hallo Bumil. Apa ya aplikasi Hallo Bumil? Nanti ketika acara ada launchingnya, ya. Jadi tunggu ulasannya di bawah.

Ketiga, booth memasak! Ada Chef Eddrian live cooking mempersiapkan makanan. Saya mendapatkan satu gelas perpaduan ubi ungu dan prenagen. Wah, rasanya enak sekali! Kalau tahu dari jaman dulu, pasti saya bisa makan sehat tiap hari, nih.

Untuk resep lainnya bisa intip di Youtube Prenagen (kalau yang datang langsung, mendapatkan buku resep, nih! Asiik! Makanya, besok kalau ada PPEJ lagi jangan lupa daftar, ya)

Ini salah satu contohnya :)

Overnight Oatmeal Papaya Vanilla with Chiaseeds


Keempat, booth pasca melahirkan. Di sini dijelaskan bagaiman cara menyusui, cara memandikan bayi, dan juga memijit bayi. Wah, senangnya. Saya jadi refresh lagi.

Kelima, ada booth penjualan dan icip-icip prenagen. Wah, ini menyenangkan sekali, selain dapat harga prenagen yang lebih murah, juga dapat mencicipi prenagen sampe puas. Hehe.

Selain kita, di luar ada kids corner dan booth foto.



Pukul 09.00 dimulai acaranya. Dipandu MC yang cantik, Mbak Mona Ratuliu, kami ngobrol banyak tentang persiapan kehamilan. Tak disangka, ada Andien Aisyah dan suaminya yang juga turut hadir di acara ini. Mereka menceritakan ketika kehamilan sampai mengasuh Kawa (putranya yang berusia 4 bulan). Kawa juga diajak, lho, tapi tidak dibawa ke panggung.

Ada beberapa quote yang saya sangat suka dari Ibu baru Andien Aisyah ini :

"Lahirnya anak juga lahirnya seorang ibu"
Jadi flashback ketika melahirkan, nih. Ketika kita melahirkan, memang benar, sih, kita seperti dilahirkan kembali. Dengan kebahagiaan dan kebingungan campur aduk berjuta rasanya. Semua kan berbeda 100%. Kita menjadi seorang ibu. Pola tidur yang berubah, berbagi kasih sayang, menyusui, mencuci baju bayi, melihat senyuman anak, menjadi rutinitas yang sangat membuat meledak-ledak! Rasanya, kehidupan ini memang baru untuk seorang ibu. 

"Hamilnya seorang istri juga hamilnya seorang suami"
Bang Eppe (suami Andien), juga merasa hamil ketika istrinya hamil. Beliau tidak mau membiarkan sang istri sendirian. Ketika Andien harus makan sehat, Bang Eppe juga. Ketika Andien olahraga, suaminya pun juga. Apa yang dilakukan isttrinya, suaminya juga ikut melakukan. Hal ini, membuat bahagia Andien. Bukankah kebahagiaan ibu hamil penting kesehatan janin? :3

Setelah puas ngobrol dengan Andien dan suami, ada dua narasumber yang menjelaskan pentingnya kesehatan ibu sebelum, ketika, dan sesdah hamil. Saya pikir, mungkin materi ini biasa aja, sih kayak sebelumnya. Ternyata BIG NO! Ada yang baru dari materi ini. Saya baru tahu kali ini bahwa kesehatan plasenta itu penting.



DR. dr. Martina Hutabarat, Sp OG menjelaskan bahwa ketika kita hamil, tak hanya kesehatan ibu dan janin yang saja yang penting, tetapi juga kesehatan plasenta. Mengapa?

Plasenta merupakan penghubung makanan dari ibu ke janin. Selain itu, plasenta juga membawa oksigen ke janin, membuang racun, produksi hormon, dan juga mekanisme kekebalan tubuh,

Jika plasenta mengalami masalah, dapat terjadi preeclamsia, diabetes melitus gestasional, prematuritas, bahkan kematian janin. Plasenta juga sangat berperan dalam pembentukan syaraf, dan mekanisme transpor DHA. Hal ini, dapat menentukan kecerdasan anak ketika lahir nanti.

Kesehatan plasenta dapat dijaga dengan makan-makanan bergizi dan juga konsumsi susu. Kesehatan plasenta dapat dimulai dari sebelum hamil, ya. Sebelum terlambat, bagi yang belum hamil, yuk mulai menjaga asupan makan kita.

Ada beberapa kasus ketika sudah dilahirkan dan berkembang menjadi dewasa, anak suka sakit dan masalah lainnya. Kita sebagai ibu, tidak bisa serta merta menyalahkan anak karena mungkin saja ini kesalahan pada ibu ketika hamil. Kita bisa flashback, apa saja yang kita makan ketika kita hamil, ya? karena...


"YOU ARE YOUR MOTHER EAT"





dr. Soeroyo Mahfudz, MPH, SpA (K) menjelaskan bahwa permasalahan bayi seringkali karena kurangnya asupan nutrisi ketika ibu hamil. Misal, ketika anak tidak juga tumbuh gigi, atau ketika tumbuh gigi, giginya langsung rusak, bisa jadi karena ketika hamil, ibu kekurangan minum kalsium. Jadi, kita tidak boleh main-main untuk memenuhi nutrisi janin ketika masa kehamilan.

Ketika bayi lahir sampai usia 6 bulan, bayi diharuskan minum ASI. Penting sekali sebagai ibu selalu menjaga asupan agar asi selalu melimpah dan juga asinya berkualitas. Hal ini sangat penting untuk kecerdasan anak pada 1000 hari pertamanya. Mulai dari dalam kandungan sampai usianya dua tahun? Kenapa 1000 hari ini penting?



Perkembangan otak anak dari kandungan sampai usia 2 tahun (1000hari) mencapai 80%. Sangat cepat sekali perkembangannya. Sampai usia 12 tahun, perlahan-lahan naik hingga 20%. Penting sekali kita menjaga nutrisi anak agar perkembangan otak pada seribu hari pertamanya maksimal. Hal ini tentu saja sangat berhubungan dengan ibu karena ketika mengandung, nutrisi yang diambil janin, dari ibunya. Ketika sudah lahir sampai usia dua tahun, asi yang berkualitas berasal dari ibunya. Jadi, ibu selalu penuhi nutrisi diri sendiri untuk anak, ya :)

Jangan lupa selau cek tumbuh dan kembangnya agar tidak terjadi Redflag. Apa itu tumbuh kembang? Redflag?

Tumbuh - bertambahnya ukuran fisik, ukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala.
Ketika anak lahir harus diukur tanpa terkecuali. Apakah berat badan bayi rendah, lingkar kepala terlalu besar atau kecil, dll. Ketika masih bayi, jika ada kelainan seperti terlalu besar lingkar kepala, bisa tertangani lebih cepat sehingga dapat mengurangi resiko. Pasien Pak Soeroyo ada yang lingkar kepalanya terlalu besar, lalu cairan pada kepala dihubungkan selang ke lambung. Ternyata sang bayi bisa hidup sampai dewasa. Jadi, jangan sepelekan pengukuran ini, ya. Jika ada kelainan, akan cepat tertangani lebih cepat.


Kembang - bertambahnya struktur fungsi tubuh, motorik kasar, motorik, halus, bahasa, dan sosial.budaya
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang seorang bayi. 

Ada faktor internal (bawaan) dan juga eksternal.Faktor internal biasanya dibawa ketika lahir, seperti genetik, ras, jenis kelamin, usia, penyakit turunan.
Sedangkan faktor eksternal dapat dintervensi oleh nutrisi ibu melalui ASI. 


Lalu Apa yang dimaksud dengan Redflag? Redflag terjadi apabila

1. Tidak memenuhi syarat perkembangan sesuai usia
2. Kehilangan Kemampuan
3. Tidak ada respon dari suara atau pun visual
4. Miskin interaksi

Bagaimana agar tidak terjadi Redflag?

1. Ibu memberikan ASI eksklusif selam 6 bulan (ASI yang diberikan harus berkulitas) ketika usia 6 bulan, anak sudah harus dikenalkan dengan mekanan pendambing secara bertahap.
ASI tak hanya harus banyak, ya. Tapi juga harus berkualitas. ASI sangat mempengaruhi pembentukan saraf pusat yang mempengaruhi kecerdasan dan juga kesehatan anak. Pada ASI terkandung laktosa yang berperan dalam pembentukan memori jangka panjang. Kolostrum pada ASI mengandung tinggi kolesterol penunjang pembentukan mielin. ASI yang berkualitas juga harus kaya zat besi yang sangat penting untuk perkembangan otak.

2. Anak diberikan stimulasi baik verbal maupun non verbal.
Tidak harus menjadi ibu rumah tangga, ya, untuk memberikan stimulasi kepada anak. Ibu bekerja pun dapat melakukan. Simpel, saja. Ketika pulang kerja, gawai (gadget) bisa kita tinggalkan lalu bermain-main dengan anak. Bagi anak, waktu berkualitas itu lebih penting. Untuk yang ibu rumah tangga juga begitu. Kerjaan domestik yang menumpuk memang menyita waktu. Anak, dapat diajak bersamabekerja ketika untuk stimulasinya. Seperti diajak bicara, jalan, senyum, dan lain-lain.


3. Cocok-cocokan dengan tabel tumbuh kembang bayi, jika tidak cocok langsung kosultasi dengan dokter atau bidan.
Hal ini sangat penting karena dampak yang terjadi merupakan jangka panjang. Jika cepat tertangani biasanya akan lebih cepat dibenahi. Tidak hanya terlamat, ya. Misal, sudah bisa jalan, tiba-tiba tidak bisa (kehilangan kemampuan) juga harus segera dikonsultasikan ke dokter atau bidan.




Setelah menyimak berbagai materi, mulai pegel-pegel, nih. Waktunya untuk senam ibu hamil Dipandu oleh Intruktur pertama di Indonesia yang memiliki sertifikat untuk prenatal dan post-natal, Adianti Reksoprojo mengajak semua peserta untu mengikuti gerakannya.

Apa tidak bahaya?

Setiap wanita hamil, tentu saja mempunyai kondisi fisik yang berbeda-beda. Konsultasikan dulu sebelum mengikuti senam. Senam prenafit, senam khusus ibu hamil dan pasca melahirkan yang memberikan manfaat sangat baik untuk pernafasan, menguatkan otot panggul, otot prut dan paha yang dibtuhkan oleh ibu saat dan pasca melahirkan.

Selain itu, olahraga ketika masa kehamilan juga bisa membuat kita bugar, terhindar dari stress, tidur lebih baik, lebih percaya diri, muka lebih segar, dan juga badan lebih terasa ringan. Pada awalnya, memang agak berat. apalagi yang tidak pernah berolahraga. Jadi, lakukan pelan-pelan dan semampunya dulu. Jika sudah terbiasa, badan akan lebih ringan dan segar.

Untuk yang datang ke PPEJ ini, mendapatkan vcd angkaian senam. Wah, beruntungnya saya. Makanya, nanati kalau ada PPEJ jangan lupa daftar, ya....

Launching Hallo Bumil



Selanjutnya adalah launching aplikasi Hallo Bumil. PT. Cakra Radha Mustika bekerjasama dengan Prenagen launching aplikasi Hallo Bumil yang merupakan aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yang memberikan informasi interaktif. Kita, seperti chat dengan bayi kita sendiri, lho.

Ada empat fitur utama, yaitu:

Timeline Kehamilan
'Bayi' seolah-oleh memberi tahu kita berapa usianya, dan apa yang perlu kita lakukan ketika usia kehamilan tersebut.

Artikel

Atikel disortir sesui dengan usia kehamilan. Jadi, kita tak perlu lelah browsing. Tak perlu khawatir apakah berita hoax atau tidak karena tim dokter Hallobumil bekerja sama dengan Klikdokter.com yang terpercaya kebenarannya.

Kontrol Kehamilan

Terkadang, karena terlalu sibuk kita jadi lupa kontrol. Tenang, aplikasi ini kan mengingatkan kita. Kita juga bisa pengatur di pengaturan jika notifikasi ingin hidup.

Album Foto

Ini tidak kalah penting. Terkadang, kita suka lupa menyimpan hasil USG. Kita bisa langsung simpan dan tertata rapi di aplikasi ini.

Aplikasi hallo bumil bisa diunduh di Android atau klik di sini



Pengetahuan sudah. Download aplikasi sudah. Belajar senam, sudah. Tapi, bagaimana memenuhi nutrisi, ya? Padahal selalu saja ada masalah dari sebelum hamil sampai menyusui.


Sebelum hamil, seharusnya sudah makan makanan yang bergizi. Kan ketika terdeksi bayi sudah 5 minggu?

Ketika trisemester pertama, boro-boro mau minum susu. Apapun yang masuk saja mual.

Ketika hamil juga wajib minum Zat Besi. Kapsulnya itu, lho. Bikin mual dan besar.

Ketika masa menyusui, duh, kok asinya sedikit, ya?




PRENAGEN Ahlinya Nutrisi Kehamilan & Menyusui dari KALBE NUTRITIONALS punya produk untuk mendampingi kita dari mulai prencanaan kehamilan sampai kita menysusi. Wow!
Sumber : prenagen.com

Ketika merencanakan kehamilan atau setelah menikah, kita bisa minum PRENAGEN ESENSIS yang kaya akan asam folat, kalsium, dan juga rendah lemak. Prenagen esensis memberikan nutrisi calon bayi jika sewaktu-waktu hamil. Ketika kita hamil, biasanya janin sudah berusia -sekian- minggu. Padahal pembentukan tabung otak sudah terjadi. Asam folat pada prenagen sangat dibutuhkan untuk pembentukan tabung otak ini. Oh iya, prenagen esensis juga dapat menambah kesuburan, lho. Jadi, yang ingin program juga dapat mencoba konsumsi susu ini.

Ketika trisemester pertama, ada sebagian ibu yang mual-mual. Tenang saja. PRENAGEN MOMMY EMESIS, jika dikunsumsi akan mengurangi mual-mual kita. Mengandung Vitamin B 6 & Protein yang telah teruji klinis dapat mengurangi mual muntah diawal kehamilan. Dilengkapi dengan Zat Besi, Asam Folat, Tinggi Kalsium. Rasa : Coklat, Plain Ukuran : 200 gram & 400 gram 

Ketika sudah berhenti mual-mual, kita juga galau gulana mudah capek karena kekurangan zat besi. Prenagen susah memikirkan hal itu. Kita bisa menggunakan PRENAGEN MOMMYdan zat besi tercukupi. Prenagen Mommy ini, . mengandung Zat Besi, Asam Folat, Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, Inulin untuk meningkatkan asupan serat pangan harian, Kalsium, Asam Folat untuk mencegah resiko cacat tabung saraf otak. Tersedia kemasan praktis siap minum (UHT) dan Stick Pack untuk memenuhi nutrisi Ibu dimana saja, kapan saja. Rasa : Coklat, Vanilla, Strawberry, Moka, Kacang hijau. Ukuran : 200 gram, 400 gram, 600 gram, 900 gram (dus), 45 gram (Stick Pack), 200 ml (UHT) 

Ketika melahirkan dan menjadi ibu baru, perasaan menjadi campur aduk. Terkadang terlalu banyak masukan, menjadikan kita stres. akhirnya, asi pun berkurang. Belum lagi makana menjadi tidak tertaur. Lagi-lagi, prenagen sudah memikirkan itu. PRENAGEN LACTAMOM Nutrisi Masa Menyusui. Nutrisi untuk meningkatkan kualitas ASI dengan Zat Besi, Asam Folat, Inulin, Omega 3 & 6 untuk perkembangan otak si kecil. Rasa : Coklat, Vanilla, Moka Ukuran : 200gram dan 400 gram

Ada juga juice dari Prenagen Ini enak banget! Sari Buah Asli Pomegranate & Anggur. Sumber Asam Folat dan Tinggi Vitamin C Minum PRENAGEN Juice dimana saja, kapan saja, selama masa persiapan kehamilan, hamil dan menyusui. Disajikan dingin lebih nikmat ! Ukuran : 300 ml.


Untuk lebih tahu lebih banyak bisa kunjungi 


Facebook: Prenagenworld
Twitter: @Prenagenworld
Instagram: @prenagenworld

Pulang dari PRENAGEN PREGNANCY EDUCATIONAL JOURNEY (PPEJ) saya langsung menghubungi suami "Ayah, saya sudah belajar di PPEJ. Kapan, nih, Sa'dayka punya adek?"

Mohon doanya, ya....

Makasih Prenagen yang Sudah Membuatku Mantab untuk Merencanakan Kehamilan Lagi! :)



6 komentar:

  1. Wah lengkap, makasih Mak Liya infonya..mau nanya dong, kalo 1000 hari pertama tumbang anak ga maksimal, apa bisa dikejar setelahnya? anyway beneran mau nambah lagi nih?hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin juga ada yang nanya itu. Iya, bisa. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Konsultasi dengan dokter stimukasi dan nutrisi apa saja agar bisa mengejar 'ketertinggalan', yaa

      Serius dong pengen nambah. Dah kesepian, nih. Hihi

      Hapus
  2. Waaah lengkap banget. Aku pas hamil juga suka minum prenagen walau ga rutin. Paling males minum susu n suplemen pas hamil, kudu dipaksa terus hehe. Btw, sukses promilnya ya Liy...moga lancar, sehat ibu dan calon janin.

    Eh kesepian? Emang Saday kemana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Di rumah sleman Mbak. Kalau siang tante tabtenya kan sekolah jadi kesepian deh

      Hapus
  3. Mak liya semoga planningnya terwujud ya..dan saday bisa punya temen gelutan hahaha

    BalasHapus
  4. Aamiin. Maksssssiiiih Mb Arifaaah

    BalasHapus

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+