Yuk, susun resolusi dari orang-orang yang inspiratif



Assalamu’alaikum

Selamat Pagi semuanya. Saya senang sekali, karena Sabtu, 19 November 2016, 45 blogger Jogja Jawa Tengah diundang oleh JNE di Harper Mangkumumi Hotel Yogyakarta, dalam rangka merayakan Hari Blogger Nasional dan Ulang Tahun JNE yang ke 26. Dari rumah memang sudah semangat sekali karena membicaranya kece-kece. Kita kenalan satu-satu, ya
Pertama,
Grace Melia. Mami Gesi, begitu saya memanggilnya. Blogger parenting and family ini memang sangat inspiratif ya. Blog di gracemelia.com yang menceritakan tentang keluarga ini memang setiap tahun selalu ada progres yang lebih baik dan lebih baik lagi. Karirnya sebagai blogger semakin tahun semakin mantap. Kita simak, ya rahasianya apa.

Kedua,
Mbak Uphie Maskar adalah seorang online entrepreneur di stupidroom. Pada awalnya, Mbak Uphie terjebak malu jika tidak bekerja. Lulus kuliah ditolak lamaran bekerja di mana-mana. Bahkan, sampai diusir dari kos-kosan. Akhirnya, beliau bisnis online dimulai dari kosan temannya. Keren, ya.

Ketiga,
Bapak Marsudi selaku Head of Regional Jne Express. Bapak Marsudi sudah 21 tahun di JNE. Pak Marsudi mengkawal JNE sejak lama sehingga tahu benar bagaimana JNE tetap bertahan dan terus berinovasi menjadi jasa pengiriman kilat nomor satu di Indonesia.

Bapak Marsudi
Acara yang berlangsung dari pukul 18.00 sampai 21.00 ini sangat asyik sekali. Pembicaraan yang dimoderatori oleh Mbak Punky Prayitno, membuat saya mendapatkan beberapa kesimpulan yang dapat dijadiin panduan untuk ‘menyantap’ 2017 kian mantap!

Sudah siap membuat resolusi tahun 2017?

1.       List Kemampuan

Pak Marsudi mengatakan bahwa kita harus menekuni keahlian kita agar menjadi seorang ahli. Butuh pengalaman yang snagat panjang. Terbukti, kan, JNE mampu bertahan selama 26 tahun., walaupun banyak pesaing. Karena JNE sudah menjadi ‘ahli’ dalam bidang pengiriman. 

Jika kita ingin setangguh JNE, kita list kemampuan kita dan apa yang paling kita sukai? Apa yang selama ini kita sudah capai? Siapa saya? Nah, kita ingin menjadi ahli apa? Pilih satu saja, yang penting FOKUS dan PERDALAM.

Dalam dunia blog, bahkan mengetahui siapa saya dapat membuat branding blog kita mau di bawa ke mana blog kita. Mami Gesi, bahkan sampai membuat observasi, dari sebuah status yang menanyakan “Menururt teman-teman saya itu siapa?”

Memang, ya. Terkadang kita sendiri nggak tahu siapa saya di mata orang lain. Patut dicoba, nih.

2.       Target dengan Inovasi

Mimpi JNE tahun 2017 omsetnya 5.75 T, lho. Wow! Bagaimana dengan mimpimu? Tentu saja harus lebih baik dari tahun 2016, ya. Kalau Mami Gesi mempersiapkan bekal dengan belajar SEO. Karena dunia sponsored post di blog bisa jadi di masa mendatang tidak akan sebooming sekarang.

Kalau Mbak Uphie ingin membuat sendiri pakaian yang dijual di stupidroom, karena selama ini masih menjual pakaian import.

3.       Jadikan competitor sebagai teman

Dalam dunia perblogan ada kiat-kiat khusus dari Mami Gesi agar blog kita terus melejit. Selain harus membranding blog kita, kita nggak boleh baperandengan teman . Misal, teman yang biasa datang ke blog kita kok nggak datang lagi, ya? Daripada baper lebih baik kita memperbaiki konten kita. Mungkin saja konten kita tidak bermanfaat untuk pembaca kita, atau malah salah sasaran?

Begitu juga dengan JNE. Dengan banyaknya kompetitor, tidak lantas membuat kesal atau marah atau baper. Justru dengan adanya kompetitor dapat memotivasi JNE agar memberikan layanan yang lebih baik. Misal jasa pengirman lain memberikan layanan A, maka JNE akan memberikan layanan A+.

4.       Selalu Belajar untuk Mencapai Target

Sudah terdepan dan harus mempertahankan untuk menjadi yang terdepan. Pengiriman JNE tahun 2006 600-700 kg per hari, tahun 2016 pengiriman per hari hingga 100 ton. Wow! Tentu saja tidak instan untuk bisa terus naik. Selalu belajar dan terus berinovasi kuncinya.

5.       Jangan lupa agama

Rizki dijemput tak hanya halal tapi juga harus toyib (baik) agar diberi keberkahan. Keberkahan akan menimbulkan kebahagiaan dan keselamatan. Insya Allah. Salah satu yang membuat rizki kita berkah adalah sedekah. Pemilik dari JNE mempunyai yayasan yatim piatu. Karena kunci kesuksesan dari JNE adalah selalu mensedekahkan sebagian keuntungan ke anak yatim, fakir miskin, dan janda-janda miskin. Mulia sekali, ya.

Nah, berikut 5 (lima) tips menyantap 2017. Selamat merencanakan resolusi 2017 :) Semoga bermanfaat, ya. 
Wassalamu’alaikum




3 komentar:

 

Total Tayangan Laman

Live Traffic Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+