Cara Melatih Anak Membedakan Huruf b dan d

Haqqya masih bingung belum bisa membedakan b dan d. Padahal kalau membaca sudah bisa membedakan, giliran diminta menulis, dia masih bingung.  Akhir-akhir ini, sejak ibu bekerja, Haqqya setiap bosan belajar dia main game di tab. Terkadang dia juga melihat youtube dan mempraktekan di dunia nyata. Misalnya, ketika dia melihat anak kecil bermain playdoh, dia meminta saya membuatkan playdoh.  


Saya mendapatkan informasi kalau ada aplikasi untuk anak belajar menulis. Saya iseng saja mendownload di hp saya. Nama aplikasinya Belajar Menulis Bersama Boci.

Ketika pulang sekolah, Haqqya seperti biasa main tab. Hp sengaja saya geletakkan. "Boleh pinjam hp, Mbak?" tanya Haqqya. Saya langsung mengangguk. HAqqya seperti biasa langsung buka youtube. Di sebelah icon youtube ada icon Petualangan Boci. Karena penasaran, dia meminta ijin saya untuk membuka. "Mbak, boleh buka?". Saya meng-iya-kan. Haqqya selalu meminta ijin, kalau membuka aplikasi.

Haqqya membuka layar pertama. Dia sangat senang, kaena ada game baru.

Awalnya, dia sempat bingung. Kok kereta, kapal, dan pesawatnya dipegang hanya bergerak-gerak. "Cuma kayak gini mainannya?" Dia memberikan kepada saya. "Coba di klik tulisannya." Kata saya. Akhirnya dia masuk ke belajar sesungguhnya. Saya coba ke anak lain, ternyata awalnya memang banyak yang merasa bingung harus dipencet tulisannya. Padahal aplikasi ini untukk anak yang belum bisa membisa membaca. Alangkah lebih baik jika masuk ke belajar enulis dipencet gambarnya saja. 


Aplikasi ini sangat interaktif karena setiap gamabar yang disenuh akan mengeluarkan suara. Contoh burung yang di dalam sangakar jika disentuh akan keluar burungnya. Ada juga pesawat yang diam, jika disentuh akan terbang. Asyik, ya!


Pembelajaran ini juga dibagi menjadi tiga kendaraan. Kita bisa mengendarai kerete, pesawat, atau kapal. Huruf yang dipejari huruf besar dan huruf kecil. Jari-jari anak diminta aktif  untuk menuliskan sesuai dengan arah yang benar sehingga ketika dipraktekan di kertas, arah penulisan huruf juga benar.


Haqqya belajar selama dua hari tanpa dampingan saya. dia syik dengan 'permainan ini. Dan akhirnya, dia bisa membedakan 'b' dan 'd'. Horeeee!!

Ingin tahu lebih lanjut?
Yuk mampir ke 
www.petualanganboci.com
Fanpgae Facebook (Petualangan Boci)
twitter (@petualanganboci)
instagram (@petualanganboci)
 dan pinterest (Petualangan Boci)


2 komentar:

  1. Ais belum bisa huruf, perlu dikasih mainan edukatif seperti ini deh kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak dicoba aja. Kalia aja cocok ;)

      Hapus

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+