6 Kado Terindah untuk Bapak yang Kolesterol dan Nyeri Sendi

Di era modern ini, tak banyak anak yang sudah berkeluarga  bisa dekat dengan orang tuanya. Mulai sibuk dengan dunia masing-masing membuat semakin menjauh. Apalagi sekarang sudah era gadget. Saling memberikan kabar dan bertukar foto sudah hilang kewajiban untuk berkunjung.

Saya mengalaminya ketika tahun kemarin. Ibu memberi kabar bahwa bapak tiba-tiba tidak bisa bangun. Lehernya sakit sekali dan tidak bisa digerakkan. Bapak yang tidak pernah sakit, justru membuat saya ketakutan luar biasa. Apakah bapak saya menderita stroke?

Adik saya ada lima, empat masih sekolah. Dalam kondisi hamil besar, saya menuju ke rumah untuk menggantikan peran bapak dan ibu. Ibu menemani bapak selama seminggu penuh di rumah sakit. Setelah diobservasi ternyata kadar kolesterol bapak 400! Pola makan dan pola hidup yang berantakan ternyata menjadi alasan utama. Bapak sebagai kepala KUA, hampir setiap hari makan makanan ‘enak’. Semakin padat kegiatan membuat bapak lupa untuk mengontrol makan dan beraktivitaa sehat. Wajar, jika seorang bapak bernaluri untuk mencari nafkah anak-anaknya. Tapi sayangnya, saking semangatnya, sampai lupa bahwa harus menjaga kesehatan dirinya sendiri. 

Anak, seharusnya yang berkewajiban untuk mengingatkan bapak agar menjaga kesehatannya. Mentang-mentang sudah menikah, lalu tidak peduli. Padahal, selama ini bapak sudah mengalami gejala kolesterol dengan adanya nyeri sendi bagian leher. Tetapi, saya hanya menganggap bapak nyeri sendi biasa.

Yang belum tahu tentang kolesterol dan tanda-tandanya, bisa melihat video di bawah ini :

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=nrhRAHE4ld0

Saya berjanji pada diri saya sendiri saya akan lebih peduli dengan bapak. Saya menyiapkan beberapa kado untuk bapak, agar sakitnya tidak merembet ke mana-mana. Kata dokter, beruntung 'hanya' kolesterol, kalau terlambat bisa ke jantung atau stroke! Sereeeem!

 Ini kado terindah untuk bapak saya:






1. Pilih dan Temani Bapak untuk Berolahraga

Menurut beberapa penelitian, olahraga teratur meningkatkan kolesterol  baik, yang berfungsi membawa kolesterol jahat (LDL) ke hati kemudian diproses untuk dibuang keluar tubuh.

Kolesterol baik berfungsi untuk membersihkan aliran darah, sedangkan kolesterol jahat mengotori dengan membuat plak pada aliran darah. Plak yang menebal berbahaya karena menyebabkan terjadi penyumbatan dalam aliran darah. Hal ini jika dibiarkan akan menjadi serangan jantung dan stroke! Serem!

Olahraga berguna untuk menurunkan kadar koleterol. Intensitasnya tidak perlu lama, sekitar 10-20 menit tiga kali seminggu asal teratur. Jika memiliki kondisi medis tertentu, bisa dikonsultasikan dengan dokter. Bapak bebas melakukan olahraga apapun. Sayangnya, bapak tidak suka dengan olahraga yang berkeringat. Akhirnya, bapak memilih olahraga renang.

Awalnya memang sulit dan merasa malas. Setelah merasakan manfaat dengan tubuh menjadi ringan, bapak KETAGIHAN!

Saya sekeluarga tidak jarang menemani bapak untuk berenang bersama. Ternyata, dengan dengan berenang, kolesterol bapak menjadi normal dan bertahan baik tidak naik lagi. Kehadiran anak-anaknya dan cucunya membuat bapak semakin semangat untuk berolahraga. Agenda hari libur yang biasanya makan-makan, jadi berenang bersama.


2. Menyiapkan Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang

Tak hanya olahraga, makanan pun harus dijaga. Makanan yang baik tentu saja tidak perlu diet ketat dan menyeramkan. Gizi seimbanglah kuncinya. Berikut merupakan tabel gizi seimbang:

Sumber : http://www.samishare.com/pengertian-makanan-gizi-seimbang-3144

Untuk bapak, benar-benar mengurangi gorengan ketika masa pemulihan hingga kadar kolesterol normal. Bapak juga diberi obat-obatan untuk mengurangi nyeri sendi dan menurunkan kadar kolesterol.

Alhamdullillah kolesterol bapak turun menjadi 198. 

Ketika di kantor, tidak perlu menghindari makanan apapun, tetapi ketika di rumah sebisa mungkin mengondisikan makanan sesuai dengan gizi seimbang. Ibu yang sebagai koki utama, terus kami beri semangat agar selalu semangat menyiapkan makanan sehat untuk bapak.

Selain sehat, makanan juga harus bersih. Biasanya seorang laki-laki cenderung cuek terhadap makanan. Padahal, memakan makanan sembarangan akan lebih mudah sakit. Kami sediakan tissue, kain lap,  dan antiseptik di dalam mobil agar bapak dapat hidup lebih bersih.

Kami juga membeli beberapa tempat minum yang sesuai dengan bapak agar bapak cukup minum air putih. Air putih sangat bermanfaat untuk menggelontorkan kolesterol jahat pada aliran darah.


3. Memberi Kabar Bahagia dan Sering Menjenguknya

Usia semakin tua dengan beban kerja semakin tinggi sering membuat stres. Ada beberapa orang yang menuangkan stresnya pada liburan, tetapi tak jarang dengan hal-hal instan yaitu dengan memuaskan dengan makanan-makanan ‘enak’. Padahal, kita tahu bahwa ketika stres, tidak mungkin berpikir dua kali untuk melahap makanan apakah sehat atau tidak.

 Dr. Stuart Seale mengatakan bahwa stres dapat meningkatkan kolesterol jahat. Diduga, stres mendorong tubuh untuk menghasilkan lebih banyak energi dan menyebabkan hati memproduksi kolesterol jahat lebih banyak.

Seorang anak, sangat dapat membuat orang tua bahagia dengan sering memberikan kabar baik kepada bapak. Kebanggaan yang tercipta akan membuat bapak semakin semangat, bergembira, dan selalu ingin hidup sehat. Jika ada waktu, sering menjenguk dan membawa oleh-oleh makanan sehat, sehingga bapak akan memakan makanan sehat. 


4. Mengontrol Kesehatan dengan Mengukur Berat Badan, Tekanan Darah, dan Kadar Kolesterol

Jika ada jadwal menjenguk sebulan sekali, sempatkanlah untuk mengontrol berat badan, tekanan darah, serta kadar kolesterol bapak. Sekarang, sudah tersedia berbagai fasilitas kontrol kesehatan di apotek terdekat. Jika ingin lebih intensif, bisa membeli alatnya.

Mengontrol berat badan, tekanan darah, dan kolesterol ini penting agar sakit tidak terjadi seolah-olah tiba-tiba. Bapak saya, cek kesehatan hanya ketika berangkat haji beberapa tahun yang lalu. Padahal, ketika usia sudah mulai tua, seharusnya cek kesehatan sebulan sekali agar berat badan, tekanan darah, dan kadar kolesterol dapat dikontrol.


5. Jangan Sampai Merokok!

Kita sudah mengerti bahwa merokok memiliki banyak bahaya, tetapi jarang yang memahami bahwa merokok dapat meningkat kolesteol jahat dalam tubuh. 

Menurut dokter spesialis jantung sekaligus Ketua Perkumpulan Vaskuler Indonesia, Auli Sani, SP.JP(K),FJCC menyebutkan bahwa zat-zat kimia dalam rokok, dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Transportasi lemak menjadi terganggu. Kolesterol jahat yang seharusnya dibuang, justru dibawa kembali ke jaringan tubuh.

Bapak sudah berhenti merokok tapi sayangnya teman-temannya belum. Akhirnya, ketika di rumah kami tidak menyediakan asbak pertanda bahwa kami tidak nyaman ada yang merokok.


6. Konsumsi Suplemen H2 Health And Happiness Superba Krill Oil

Makanan di rumah mungkin bisa kita kontrol, tetapi makan di luar belum tentu bisa. Maka dari itu, perlu suplemen untuk mengontrol kadar kolesterol. Ada banyak macam suplemen pengontrol kolesterol. Perlu kita ketahui dari mana dan bagaimana pembuatannya agar berdampak baik bukan justru sebaliknya.

Cara untuk menurunkan kolesterol jahat adalah dengan meningkatkan kolesterol baik. Salah satunya dengan mengonsumsi omega 3 yang merupakan sumber kolesterol baik. Biasanya, kita bisa mendapatkan omega 3 pada minyak ikan. Sekarang, ada yang lebih ampuh lagi dibandingkan minyak ikan, yaitu Suplemen H2 Health and Happiness Superba Krill Oil. Pada H2 Health And Happiness Superba Krill Oil, proses panen dengan Eco-Harvesting dan pengolahan berstandar internasional. Krill dipanen langsung dengan penangkapan yang ramah lingkungan, langsung diolah di kapal, sehingga kelestarian dan kualitas sangat terjaga.

Krill mengandung Astaxanthin yang merupakan sumber antioksidan alami dan terbukti 48x lebih banyak dari minyak biasa. Sumber Omega 3 Phospolipid dari Dasar Air Laut Antartika yang merupakan penghuni terbawah rantai makanan, sehingga bebas dari kontaminasi organisme lain.

Bapak mengonsumsi satu tablet ketika akan tidur. Kolesterol berangsur turun dari 198 menjadi 175 selama sebulan. Memang, H2 Superba Krill Oil tidak menurunkan secara drastis seperti halnya obat. Hal ini disebabkan, H2 Health and Happiness bukan obat tetapi suplemen dari bahan alami yang membantu menjaga agar kolesterol baik lebih banyak daripada kolesterol jahat. Dengan H2 Health and Happines Superba Krill Oil, bapak dapat mengontrol kolesterolnya  dan masih dapat  makan 'enak' jika dipaksa makan berlemak di pernikahan.


H2 Health and Happines Superba Krill Oil dari kebaikan alam dan menjadikan kehidupan Bapak lebih baik.

Nah,ini 6 kado terindah saya untuk Bapak yang kolesterol dan nyeri sendi.  Jika bapak kamu juga mengalami hal yang sama dengan saya,

lakukan sekarang walaupun terlambat, atau menyesal sama sekali karena tak ada kesempatan untuk melakukannya.

I love you, Bapak :)


Sumber :
everydayhealth.com/cholesterol/experts-how-does-stress-contribute-to-cholesterol.aspx
webmd.com/cholesterol-management/news/20051122/cut-stress-help-your-cholesterol
http://www.samishare.com/pengertian-makanan-gizi-seimbang-3144
Pamflet H2 Health and Happiness Krill Oil, Kalbe
http://www.smallcrab.com/kesehatan/1160-rokok-bisa-tingkatkan-kolesterol




4 komentar:

  1. So sweet, terima kasih Liya sayang. Aku gak bisa berenang maka aku pilih lari aja. Tapi bukan lari dari kenyataan lho yaaa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa lari itu menyenangkan. Nek lari dari kenyataan malah stress dong. Hehe

      Hapus
  2. Oya lupaaa salam sehat untuk bapak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sehat juga untuk Mbak Indah ;)

      Hapus

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+