Tips Memberi Kado Teman yang Habis Keguguran

Teman yang habis keguguran tentu saja butuh dukungan lebih. Serba salah nggak, sih pengen ngomong apa? Aaya waktu keguguran memang apa yang dikatakan orang lain bikin sensi. Hahaha. aplagi kalau kata-katanya menghakimi seolah-olah kita yang membunuh janin kita sendiri.

Emang segitunya, ya?

Ya memang segitunya. Keguguran adalah kondisi ketika kita sedang senang-senangnya lalu menjadi sesih sesedih-sedihnya. Waktu itu, saya melihat suami saya menangis melebihi saya. Saya sedihnya agak telat, sih. Beberapa minggu setelah keguguran.

Kisah keguguran saya ada di sini, ya. Yang ingin meresapi boleh lah, ya baca dulu. saya hamil sete;ah 6 bulan pernikah. Lumayan lama, karena memang LDR-an. Baru senang-senangnya tapi malah keguguran. Karena waktu itu sendirian, sok aja saya teh langsung curhat di FB.

  Alhamdulillah banyak sekali dukungan dari teman-teman sehingga saya tak merasa sendiri. 
Pertama, kado untuk teman yang keguguan adalah pundak. Ya, mendengarkannya saja sudah cukup membuatnya bahagia. Namanya juga cewek, kan. Didengerin curhat aja udah seneng. Fase stress sudah dijalani, biasanya tinggal fase move on. Jika sudah move on, baru deh tips kedua.

Kedua, beri masukan tanpa menyalahkan. Sempat drop juga waktu beberapa orang bukannya memberi semangat tetapi malah menyalahkan. Kasihan lagi kucing saya, disalah-salahkan. Padahal saya udah gak hidup sama kucing saya lama, lho. Saya kena CMV baru-baru aja dan saya sama sekali nggak memelihara hewan. Belum lagi yang menyalahkan karena saya kecapekan, lah. apalah... apalah... Lebih baik setelah mendengar cerita dan mengetahui masalahnya, kita memberikan masukan yang lebih baik dengan memberinya semangat!

Ketiga, beri kado pra kehamilan. Membelikan buku untuk lebih semangat lagi ke kehamilan selanjutnya. ada beberapa rekomendasi buku yang saya berikan, nih.

Keempat, jika belum boleh tetapi harus terapi berikan teman yang pernah mengalami kejadian yang sama. Misal, saya terkena CMV salah satu virus TORCH. Nah, saya diberi tahu teman saya ada grup tentang penderita TORCH. Jika tahu dokternya, bisa diberi rekomendasi juga.Beri semangat terus! Saya sebulan sebelum hamil, saya sempat ikut seminar ini dan ketakutan jika hamil apakah saya tidak akan keguguran lagi? Waktu itu banyak sekali ibu-ibu yang memberi semangat saya. Dan saya jadi pede untuk hamil lagi.

Kelima, hadiah seminar parenting. Sebulan sebelum kehamilan, saya diberi kado suami saya sebuah ijin untuk mengikuti seminar parenting dan kehamilan dari Prenagen dan Morinaga. Saya juga mendapatkan undangan dari Mothercare. Jadi entah kenapa dalam waktu sebulan kok banyak banget seminarnya, ya. Isinya tentang fakta bayi . Jujur saja, waktu itu saya membayangkan saya hamil. Hahaha. Alahamdulillah di salah satu seminar ada klinik yang bikin stand jadi saya bisa konsultasi gretongan. Saya bahagia sekali waktu itu. Padahal biasanya kalau lihat orang hamil bawannya mewek karena pengen. Waktu itu saya ikut bahagia lho lihat bayi. apalagi lihat pasangan yang istrinya mengandung. Perasannya bahagia banget! entah kenapa saya bahagia banget! Padahal saya LDR-an sama suami dan dalam penantian anjang hamil lagi.

Keenam, jangan buang calon kado. Berikan saja! Ini juga terjadi pada saya. Sahabat saya sudah menyiapkan kado untuk calon anak saya waktu itu. Mungkin kita berpikir akan bikin tambah sedih, ya. Tapi nggak tahu kenapa waktu itu saya bahagia sekali diberi kado padahal saya habis keguguran. lho.



Nah, tadi waktu saya makein ke Sa'dayka ternyata sudah muat! saya jadi ingat dengan sahabat saya yang memberikan kado. Berkat dia, semangat saya terus bertumbuh walaupun saya lumayan lama pede untuk hamil lagi. 



Mungkin ada yang mau sharing pengalam tentang teman yang keguguran atau pernah mengalaminya sendiri? Saya siap menjadi pundakmu :) 

Selamat Malam :D



1 komentar:

  1. Nah, iya ya kadang kalo mau ngasih kado ke yg abis keguguran tuh suka takut orangnya malah jadi sedih :)

    BalasHapus

 

Total Tayangan Laman

Live Traffic Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+