Persiapan Ramadhan hingga Lebaran Sejak dari Sekarang

Belum juga puasa, udah mikiran lebaran aja. Iya, dong. Biar puasnaya lebih fokus jadi urusan lebaran diselesaikan mulai dari sekarang. Nggak terasa ya, bulan ramadhan tinggal dua bulan lagi. Sudah siap-siap jasmani dan rohani, belum?

Kunci kesuksesan lebaran tentu saja dinilai dari suksesnya ramadhan. Tentu saja suksesnya Ramadhan perlu latihan biar nggak 'kaget'. 

Mari kita siapkan bareng-bareng, ya agar lebaran kita benar-benar MENANG!

1. Tadarus Al-Qur'an setiap hari.
Mumpung masih dua bulan lagi, yuk mulai perbanyak membaca Al-Qur'an. Mau ODOJ atau tidak, yang penting bacaan kita berkualitas, ya. Jika merasa belum benar mengenai hukum bacaan dan lain-lain mumpung masih dua bulan bisa mengambil kursus singkat di Masjid-Masjid yang membuka les baca Al-qur'an dengan tajwid yang benar. Bagi yang sudah benar dan ingin mendalami, jika bisa memulai dengan mendatangi pengajian-pengajian tafsir Al-Qur'an. Jadi, besok ketika memasuki bulan Ramdhan, kita sudah terbiasa membaca bahkan mengkajinya dengan benar.

2. Puasa Senin Kamis.
Untuk latihan berpuasa, kita latihan dengan puasa Senin Kamis. Eiiits, boro-boro puasa Senin Kamis, hutang puasa tahun kemarin aja belum dibayar. Nah, buat yang beum dibayar, jangan lupa puasanya dibayar dulu, ya. Setelah itu bisa dilanjut dengan Puasa Senin Kamis. Terbukti, jika kita terbiasa dengan puasa sunnah, puasa di bulan Ramadhan nggak terasa berat sama sekali.

3. Berbuka dengan Menu Seadanya 
Ngabuburit itu menyenangkan! Apalagi kalau dengan sahabat-sahabat tersayang. Tapi bagaimana dengan efek panjang? Pengaruh nggak tuh dengan badan? Nah, sebenanrnya berbuka puasa itu kan bukan pembalasan. Alangkah baiknya jika kita buka puasa seadanya saja. Jika ada uang lebih lebih baik untuk sedekah.

4. Siapkan Infaq Sebagus-Bagusnya
Biasakan infaq tiap masuk masjid. Jika jarang bertemu masjid, kita bisa mentransfer ke lembaga-lembaga zakat, kan? Jadi, nggak ada alasan untuk tidak ber-infaq? Jika masih terlalu sedikit, bisa lho menabung dari sekarang khusus sedekah.

5. Belajar Masak Mudah, Kilat, Sehat
Ini  sih saya banget! Pengen nggak sih ganti menu tiap hari? Yuk, mulai sekarang mulai pilih-pilih resep yang simpel dan juga sehat agar puasa selalu bugar. Nggak harus mahal, yang penting sehat dan bervariasi agar nafsu makan ketika sahur dan buka terjaga. Kalau perlu bikin list dari hari pertama hingga terakhir.

6. Sambung Silaturahim Sebanyak-banyaknya
Yang masih ada kesalahan berupa perkataan yang atau kelkuan yang kasar segera meminta maaf. Maaf saya, ya banyak salah dengan pembaca. :) Sambung silaturahim sebanyak-banyaknya agar urusan kita dimudahkan.

7. Olahraga
Jangan sampai ketika Ramadhan tiba justru kita sedang sakit. Kalau bisa kita sehat bugar sebugar-bugarnya, ya. Latih badan kita dengan olahraga ringan, seperti jalan kecil, atau beranang. Sesuai selera aja, sih, ya. Kalau lopat tali juga boleeh...

8. Persiapkan Keluarga
Persiapan diri sendiri, jangan lupa persiapkan keluarga juga. Ajak dan biasakan keluarga dan seperti kita mempersiapakan diri kita sendiri.

9. Tutup Aurat 
Tutup aurat agar maksimal ibdah kita di bulan Ramadhan. Jaman sekarang, pakaian muslimb anyak sekali modelnya. Kita bisa mulai berbelanaja pakaian Ramadhan hingga lebaran mulaii dari sekarang. atau bisa satu per satu dulu agar tidak terlalu boros. Cari baju yang mudah dipadu-padankan agar lebih mudah gonta ganti. Baju lebaran juga demikian, sudah banyak jenis dan modelnya. Kamu bisa mencari referensi baju lebaran via online dulu untuk referensi. Mau piih beli Baju Lebaran via online atau tidak suka-suka saja, ya...

Sumber : https://super.mataharimall.com/baju-lebaran/


10. Membiasakan Sholat Sunnah
Sholat trawih biar nggak ada yang bolong bisa kita biasakan dengan sholat tahajud atau sholat lail. Perburuan pahala juga dengan sholat sunnah rawatib. Lagi-lagi biar nggak 'kaget', jangan lupa membiasakan sholat rawatib sedikit demi sedikit, ya.

11. Berdoa agar Dimudahkan
Berdoa kepada Allah agar kita dimudahkan menyambut Ramadhan dan dipertemukan dengan kondisi yang lebih baik dari ramadhan kemarin. Aamiin.

Ini persiapanku, bagaimana persiapanmu? Saya tunggu ceritanya, ya...


11 komentar:

 

Total Tayangan Laman

Live Traffic Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+