Agar Anak Mudah Sholat

Asslamu'alaikum

Saya belum punya anak, tetapi saya mau belajar dari orang tua saya bagaimana mendidik anak sholat. Pernah nggak, sih, lihat orang tua sampai jewer-jewer telinga anaknya biar sholat? Alhamdulillah keenam anak orang tua saya tidak sampai seperti itu. Lalu, bagaimana sih tipsnya agar anak sadar sholat?

1. Jangan suruh anak sholat

Lho, piye, toh? Ngajarin sholat tapi nggak nyuruh anak sholat? Saya lupa kapan pertama kali saya sholat. Ibu tidak pernah menyuruh saya sholat, tetapi kalau sudah melebihi waktunya Ibu saya mengingatkan. Bukan menyuruh, lho, ya. Jujur aja kalau disuruh kesannya jadi nggak percaya gitu dan jadi males nggak, sih? Hahahaha. Curhat seorang anak. Paling nggak suka lagi kalau nyuruhnya pakai teriak-teriak biar se-RT tau. Itu tambah nyebelin, malesin, dan bikin tambah males sholat. Percaya aja, deh. Kita mampu kok sholat sendiri.

2. Ajak ke lingkungan orang yang sholat

Beruntungnya, bapak dan ibu saya adalah guru TPA. Jadi, ketika balita, sudah terbiasa sholat maghrib. Itu penting, lho. Walaupun sholat itu sebentar, kalau tidak dibiasakan katanya beraaaat banget!

3. Ibu sering sholat lebih dari satu kali

Awalnya, sih, aneh. Tapi kebiasaan ini juga saya bawa untuk membiasakan adek saya yang baru belajar sholat, Fase belajar sholat itu di keluarga saya balita sampai SD. Terkadang, karena sudah terbiasa, saya sering meningglkan adek saya sholat duluan. Terkadang, adek saya sebel. Saya pun  mengatakan padanya apa perlu saya temani? Proses ini tidak lama, kok. Sekarang adek saya 6 tahun dan sudah perlu ditemani jika sholat. dia langsung sholat begitu waktu sholat tiba. Jika saya belum sholat, langsung mengajak kakak-kakaknya berjamaah. Persis saya dulu. Tapi kalau saya dulu mengajak Ibu saya.

Nah, begitulah cara kelaurag saya agar anakanaknya mudah sholat. Semoga bias ditcoba ya. Kali aja cocok :D

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Laman

Live Traffic Blog

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+