FAKTA PENTING BAYI

Kemarin, 1 Maret saya mendapatkan undangan dari mommiesdaily untuk menghadiri seminar parenting. Acara ini diselenggarakan oleh Mothercare dan ELC. Pengisinya Bapak Dr. Markus Danusantoso, Sp. A


Hari Jum'at 27 Februari saya juga mendapat undangan dari Mommies Daily yang bekerjasama dengan mothercare untuk lunch bareng. Temanya tentang TORCH. Saya ceritakan di note berikutnya, ya.... Seneng deh dapet undangan gratis kayak gini. Hahahahaha.

Sebenarnya, selama ini saya nggak terlalu tertarik dengan seminar parenting. Karena orang yang nggak ada background kesehatan seperti saya pusing kalau lihat kontroversi sistem parenting di Indonesia. Yang ini mau gini, yang ini maunya gitu. Hehehehe. Tapi, seminar parenting uk melakukan yang kemarin itu beda. Walaupun pengetahuannya sederhana, tetapi menurut saya penting. Apalagi saya belum punya baby, pas banget buat persiapan. :D

Saya mengerti ibu-ibu di sini pasti udah tahu perkembangan bayi. Saya juga tahu kok. Hehehehe. Bayi kan tengkurap, duduk, merangkak, trus jalan, kan? Tapi yang saya tahu ternyata masih umum banget! saya takjub kemarin lihat perkembangan bayinya. Oh gitu, toh. Oh gitu, toh. Padahal adek saya lima, tapi kok saya nggak jeli, ya. Saya sudah cukup bangga gendong adik-adik saya. Hahaha.

Oke, kita mulai

FAKTA PENTING Bulan 1-3

1. Bayi sudah boleh tengkurap sejak minggu ke-2
Otot bayi dilatih dari punggung baru menyebar ke tangan dan kaki. Jadi, kalau mau nglatih bayi, jangan ditangan terus. Hanya diminta genggam  genggam. Tapi juga diminta tengkurap agar otot punggung menguat.

2. Kalau main sama bayi, muka Mama harus di depan bayinya. Jarak sekitar 30cm.
Ketika masih bayi, wajah mama masih blur. Jadi agar terlihat leboh jelas, walaupun masih blur juga sih kalau umur segini, jarak antara bayi dan mama 30 cm. Pantes aja ibu saya itu walaupun nggak dandan adek-adek masih senyum aja. emang dandan buat bayi nggak ngaruh, kan masih blur.

3. Mainan hanya pendukung Mom, bukan pengganti
Aduh sibuk nih, ada gosip bagus. Nonton TV sambil pegang mainan ah biar bayi diem. Nanti kalau anaknya besar nggak perhatian, lho. Bener juga, ya.

Perhatian harus diberikan full sejak bayi. Posisi yang benar bayi- mainan, dan mama harus lurus. Mama dan bayi harus saling bertatapan. Jika inginmenggerakan mainan, sangat pelan agar bisa diikuti.

4. Menggenggam pelan-pelan
Reaksi bayi itu mulai dari lemah ke kuat. Jadi agar dapat menggenggam kuat perlu diajarkan pelan-pelan. B

5. Mainan warna cerah
Kalau yang ini sih saya yakin semua sudah tahu. Yang atas juga banyak yang sudah tahu, sih. Pilih warna mainan dengan warna cerah. Harus aman juga, ya :D

6. Bercermin
Ayok ajak bayi bercermin! Nah, fungsi cermin untuk mengenalkan bayi dengan dirinya sendiri. Agar tahu, siapa dirinya.

FAKTA PENTING Bulan 3-6

1. Angkat kepala dada, dapat didudukkan.
2. Berguling
3. Massage bayi alias pijet
4. Transfer mainan dari kiri ke kanan
5. Sembunyikan mainan
6. Main tangkap jadi sambil mengajak bernyanyi
7. Main dengan kedua kaki
8. Jarak lebih jauh
9. Dalam satu mainan ada macam-macam tekstur
10. Tepuk tangan

Tidak hanya mengajaknya bermain tetapi juga mama samabil tepuk agar mengenal suara yang lebih keras. Jarak ketika bermain dengan bayi sudah dapat lebih jauh, tapi masih blur, sih. dandan sedikit boleh, lah biar tahu mamanya cantik. Nggak penting, hehehe. Mainan yang diberikan juga bisa beli yang punya banyak tekstur. Kalau mahal kita bisa bikin sendiri, sih. Misal, bikin boneka. Tangannya dari jeans, mulutnya platik, badannya katun, dsb.

Mulai ajarkan menyanyi, berbicara, dan ucapkan selamat tidur. Yang muslim, bisa pakai doa. Hal ini penting untuk engajarkannya disiplin. waktunya todur, ya tidur. Jangan begadang. Teorinya gampang, ya. Hahaha. dulu aku waktu kecil begadang mulu. Tapi nggak ada salahnya ya dicoba :)

Pijet itu penting nggak, sih? Aha! Ternyata penting, sist :) Apalagi kalau pemijatnya pintar biasanya bayi dilatih agar ototnya kuat, ya! Kalau adekku dulu ada yang latihan nyanyi juga sampai oktaf tingggi banget alias nangis kenceng banget! Ada juga yang anteng banget dipijitnya. Ya selera bayi sih, ya. Intinya, pijat bayi itu dibutuhkan.

Di rumah, bisa mengajaknyanya main dengan kedua kakinyam sambil tangkap, dan juga bernyanyi. Sefalse apapaun suara kita, insya Allah akan menjadi suara termedu bayi kalau yang nyanyi ibunya sendiri. ayok, mulai menyanyi mumpung anak belum kenal nada. Hehehe.

FAKTA PENTING Bulan 6-9
1. Merangkak duduk merambat
2. Mengambil benda kecil
3. Cilukba!
4. Main piano
5. Diberi makakanan
6. Cermin yang menarik
7. Mainan disebar
8. Robek kertas
9. Jatuhkan kunci plastik
10. Variasi tekstur

Kalau orang Indonesia saya yakin bayi udah bisa cilukba sebelum usi 6 bulan. atau hanya dek-adekku aja yang bisa sebelum 6 bulan? Kayaknya nggak, deh. Setelah usi 6 bulan sudah boleh makan. Jika ada kertas, diberikan lalau silahkan untuk disobek-sobek. Kalau bisa kertas yang aman ya. Jangan kertas koran lah, ya. Kan kotor itu. Diary masa lalu aja, biar kenangan watu itu hilang. Hahahaha. Jika memberikan mainan, mainan juga disebar agar bisa mengambil ke arah yang lebih jauh.


FAKTA PENTING Bulan 9-12
1. Menyusun mainan secara teratur dari besar sampai kecil
2. Bernyanyi sambil tepuk tangan.
3. Baca buku cerita bersama bayi.
    Kalau mau membacakan buku cerita, bayi juga harus ikut melihat gambarnya
4. Memasukkan ke celengan
    Otot tangan sudah mulai menguat. Jadi, bisa dilatih untuk mesukkan benda ke celengan.
5. Sebutkan warna agar usia 15 bulan sudah mengenal warna
    Ketika memasukkan warna ke dalam mainan, sambil menyebutkan warnanya, ya.

YANG MENGHAMBAT
1. Sarung tangan
   Boleh-boleh saja, sih pakai sarung tangan. Tapi tangan kan harus dilatih, kasihan dong kalau nanti cengkeramannya nggak kuat.
2. Gendong
3. Khawatir
4. Sambil main gadget atau nonton TV
5. Posisi salah.
Nah, anak yang lahir normal bisa jadi ketika dewasa punya keistimewaan karena kita salah posisi ketika bayi. Misal, ketika membari ASI hanya yang sebelah kiri. Akhirnya anak hanya bisa menoleh ke kanan. Ketika menoleh ke kiri ototnya kurang kuat.

TIPS tujuan tercapai
1. Hindari hal-hal yang bisa menghambat
2. Main bareng
3. Waktu dan jenis harus sesuai
4. Respon main harus seimbang
5. Main perlu diulang-ulang
6. Lingkungan mendudkung

Nah, nggak usah panjang-panjang, ya. Semoga bermanfaat! Yang sudah tahu semoga bisa menjadi pengingat, yang belum tahu semoga bermanfaat, deh! Selamat pagi, dan sukses semuanya hari ini dan seterusnya :D

Lihat info di bawah ini. Aku punya kejutan!

Ini infonya


Ini foto dengan mommiesdaily yang kebetulan Kumpulan Emak2 Blogger juga :)
Foto by Mak DianFoto by Mak Dian

dan ini souvenir yang aku mau bagikan. Gratis ongkir seluruh Indonesia, deh. Komen di sini kalau mau. Exp.30 June 2015 ya.....
Voucher ELC dan MOTHERCAREVoucher ELC dan MOTHERCARE

Ini buku saya. Bagus untuk melatih motorik halus dan kasar. Hasyah! Heheheh
Buku Aku Juara Mewarnai!!!Buku Aku Juara Mewarnai!!!


NB: note ini boleh dibagikan ke siapapun, boleh dicopast ke siapapun, boleh dicetak atas nama anda, terserah deh. Wong saya juga dapatnya gratis, kok. :p Semoga bermanfaat semua :D

Ada juga info mengenai bayi lainnya di drbaby.com :)

17 komentar:

  1. mauuuu vocernyaaaaaa *mata berbinar* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada yang pesan Mak. Hehehe. Mak Diba mau kasih tuh. Lihat komen di bawah ya Mak :D

      Hapus
  2. Wiii cepet amaaattt tulisnya. Saluutt ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laporan ke suami, Mak. Biar diijinin ikut yang morinaga. Hahahaha. ditanya mana buktinya kamu seminar? Hahahahaha. cepet deh kalau ada maunya :D

      Hapus
  3. Lengkap banget tulisannya mak

    BalasHapus
  4. Aku juga mo lelang pocerku. Gilingan aja aku kudu blanja 500rb dulu..
    Btw, ngepas bgt tuh bukunya mak Liya. Tp buat anak2 ya..bkn bayi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakakakak. Bener banget itu....

      Hapus
  5. Wow kumplit catatan perkembangan bayinya. ada satu hal yang terjawab, di usia 1-3 bulan ternyata gak masalah ya bayi tengkurap.saia dulu kuatir banget bayi saia sudah bisa tengkurap di umur 1,5bulan meski belum bisa balik badan sendiri hehe

    BalasHapus
  6. wah,komplit banget mak..makasih ilmunya,buat bekal saya nih^^
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya... Salam kenal :D

      Hapus
  7. Semoga mba Liya cepat jadi ibu, biar bisa praktek. Amin

    BalasHapus
  8. Aamiin ya Robbal 'alamiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku sdh lupa masa bayinya Diba dulu kuapain ajaahh?

      Hapus
  9. Aku sampe skrg blum sempat nulis mak

    BalasHapus
  10. kompleet..makasih sharingnya mak liyaaa :*

    BalasHapus

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+