Ketika Jawanese Bertandang ke Tanah Sunda 5





Bukan Cerpen yang Menarik

Hari ini nggak berinteraksi orang Sunda. Bahkan yang saya semua temui semua orang Jawa, dan Jogja semua, bro

Mulai dari pedagang sayur(Parangtritis) , bakso, mpe dokter, semua orang Jogja.

Vitamin sudah habis, dan mencari di sepanjang apotik dekat rumah. O ow, dari apotik-apotik yang besar mpe kecil nggak ada! Akhirnya memberanikan diri minta ke dokter praktek berbekal sebuah resep. Semoga ada.

Awalnya, nggak boleh. Harus periksa dulu.

Karena aksen saya yang sangat medhok, akhirnya oleh sang dokter secara langsung meminta saya langsung masuk, tanpa antrian. Padahal yang antri banyak, lho. Jadi nggak enak saya. 

Saya : Permisi bu dokter (saya pun mulai membiasakan diri menggunakan nada-nada khas sunda yang manja, tetapi tetep medhok bro)

Bu dokter : Alah mbak, wong Jowo toh. Jowone ngendi mbak? Kene mlebu. -Alah mbak, orang JAwa toh. JAwanya mana, mbak? Sini masuk. 
(HAduuuh, udah berusaha kesunda-sundaan malah ketemu orang JAwa. Ibu dokternya sudah sepuh-tua-, seperti simbah saya)

Saya : Jogja Buk...

Bu dokter : Walah, Ngendi? (Walaah, mana?)

Saya : Sonosewu patangpuluhan buk

Bu dokter : Tepatnya?

Saya : soboman seltan PGRI

Bu dokter : Waalaha, gene tangga. Tuh langsung wae ro mbak e, ben murah. (Walaah, ternyata tetangga, tuh langa saja sama embaknya, biar murah)

Weeeh, vitaminnya cuma 10.000 ribu aja, bro.

Bu dokter : Kalau disini sepanjang jalan dokter e wong Yojow kabeh. Kalau mau yang bagus di rumah sakit *** *** **** yo mbak, dokter spesialisnya pak pur. Ojo lali ngomong, wong Yojow... Ben murah! Eneng keperluan opo nang Purwakarta?
(Kalau disini sepanjang jalan dokternya orang Jogja semua. Kalau mau yang bagus di rumah sakit *** *** **** ya mbak. Dokter spesialisnya Pak Pur. Jangan lupa, orang Jogja. Agar murah! Ada keperluan apa di Purwakarta?)

Saya : Ikut suami buk

Bu dokter : Oh takiro y dokter. Wong Yojow nek nang kene dadi dokter kabeh, mbak.
(Oh saya kira ya dokter. Orang Jogja disini jadi dokter semua, mbak)

Enjjih buk, matur nuwun. Kula pasiene mawon, hehe. Pareeng...
(Iya buk, terima kasih. saya jadi pasiennya aja. hehe. PErmisi...) 

Seneg dadi wong Yojow.... 

tapi isin nggak jadi dokter  Gak papa... wong ya banyak orang Jogja merantau nggak harus dokter kok  Tapi senneg ding sebenernya, bisa menghemat kantong 

Selamat Sholat Maghrib 22 Februari 2014

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman

Live Traffic Blog

Institut Ibu Professional

Institut Ibu Professional
Klik gambar untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan IIP

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Komunitas Emak2 Blogger

Komunitas Menulis

Google+